Inilah Kenapa Marquez Lebih Bagus dari Dani dan Crutchlow ?

Marc Marquez Akan Pindah Tim Kuat dan Gaji TinggiMemang setiap pembalap akan memiliki skill yang berbeda. Bakat alam yang merupakan ‘pemberian’ ini tidak bisa direkayasa. Singkat kata kemampuan alami Marc memang sulit ditandingi oleh dua pembalap lainnya di Honda ( Dani dan Crutchlow). Faktanya hasil ketiga rider dengan motor yang sama memberikan hasil yang berbeda. Dalam klasemen rider MotoGP 2017 Marc( 1) Dani ( 4) dan Crutchlow (9). Namun secara teknis HRC ungkap kenapa Marquez lebih bagus dari Dani dan Crutchlow

Tantangan Ban dan Bahan Bakar

Dilansir website resmi tim balap Honda boxrepsol.com, menjelaskan bagaimana Honda RC213V saat turun ke trek dan siap untuk balapan,akan mengalami banyak perubahan selama balapan. Dan bagaimana perubahan ini mempengaruhi performa motor. Dua faktor penting saat motor melintasi garis start hingga finis adalah berkurang atau hilangnya bahan bakar dan keausan ban. Harus ada keseimbangan antara kedua faktor yang terkait erat itu.

Honda RC213V mulai balapan dengan tangki penuh (22 liter) dan itu memang sesuai regulasi. Secara teori bahan bakar tersebut menambah berat motor 16,5 kg. Berat BBM tadi tentunya membuat performa motor menurun, karena berat pasti akan mengurangi kecepatan dan akselerasi motor apalagi saat ditikungan. Kondisi ini menjadi masalah tersendiri namun dengan ban yang masih baru daya cengkram ban masih sempurna itu bukan masalah. Dan ketika menempuh beberapa lap performa ban akan menurun demikian pula dengan berat motor karena bahan bakar juga semakin berkurang. Kondisi cuaca juga berpengaruh pada performa ban.

Semakin ringan motor dengan berkurangnya isi tangki bahan bakar akan menjadi lebih mudah motor mencapai kecepatan maksimalnya. Namun masalah keausan ban menjadi tantangan bagi rider untuk mengubah cara mereka mengendalikan motor. Perlu kehati-hatian dan tidak terlalu agresif saat motor mulai turun performanya.

Singkat kata walau jika dilihat dari luar sepertinya motor tersebut berperilaku sama sepanjang balapan. Sejatinya ada hal yang terjadi diantara dua faktor penting tadi yaitu keseimbangan dalam mengelola pengaruh bahan bakar dan keausan ban. Dan itu merupakan tantangan rider untuk tetap bertahan di lintasan dengan kondisi dua faktor tadi dan tahu bagaimana menggabungkannya untuk mendapatkan hasil maksimal dari motornya.

Artinya motor yang dipakai ketiga pembalap adalah sama dan hasil akhirnya akan ditentukan oleh bagaimana Marc, Dani dan Crutchlow menyelaraskan keseimbangan ban dan bahan bakar. Secara tidak langsung akan terlihat kenapa Marc lebih bagus dari pembalap Honda lainnya bukan.

Comments Via Facebook

comments

</body> </html>